Senin, 02 Maret 2015

Memotret dari Dalam Kendaraan Super Cepat

Jakarta - Memotret saat naik kendaraan itu susah-susah gampang. Apalagi kalau kendaraannya ngebut, secepat Shinkansen yang melesat 200 km per jam, maka kemungkinan mendapat gambar tidak goyang seakan mustahil. Tetapi ada trik untuk keluar dari masalah ini.

Dalam beberapa perjalanan, saya sempat menggunakan kereta super cepat seperti TGV dari Paris menuju Amsterdam. Pernah pula mencicipi kereta Shinkansen dari Osaka ke Kyoto.

Yang tidak kalah menarik, selain kereta itu sendiri, yakni pemandangan di luar kaca jendela. Pedesaan dan bangunan rumah unik silih berganti dengan cepat dan sulit ditangkap kamera.

Dengan beberapa eksperimen, trial dan error, akhirnya gambar freeze yang mempunyai komposisi menarik bisa dihasilkan. Tidak bisa disebut sempurna namun cukup menjadi pengalaman menarik. Terasa deg-degan karena momen yang sangat terbatas. Kalaupun sudah oke, tiba-tiba terhalang tiang atau pepohonan.

Berikut beberapa trik untuk menghasilkan foto cepat dari kereta super cepat yang melaju 200 km per jam:

1. Pilih tempat duduk di dekat jendela supaya leluasa memotret. Siapkan tisu untuk membersihkan kaca dari noda yang dapat mengganggu lensa melihat ke luar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar